CALL CENTER HAJI  500425 - LUMAJANG 0334-893620 selamat datang di portal kementerian agama kantor kabupaten lumajang - jl. pisang agung no. 49 Lumajang, jawa timur
Cetak
PDF

PEMBINAAN PENCAIRAN SERTIFIKASI GURU

Ditulis oleh Admin pada hari WIB | Dibaca: 4590 kali


Bertempat di Aula Kantor Kemenag Lumajang pada tgl.4/3 2014 Kantor Kementerian Agama Kab. Lumajang menyelenggrakan pembinaan administrasi pencairan dana sertifikasi guru. Diikuti sebanyak 58 Orang guru yang terdiri dari 45 guru PNS yang mengajar di sekolah negeri, 2 Orang guru honorer yang mengajar di Yayasan, 11 Orang guru honorer yang mengajar di sekolah negeri.

Menurut Kasi PAIS (Drs.H. Rahmat Mu’shim M.Pd.I) tujuan pembinaan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang administrasi pembayaran Tunjangan Profesi guru pada Kementerian Agama, memahami bagaimana proses sertifikasi dilingkungan Kementeian Agama. Sedangkan yang berhak menerima sertifikasi adalah guru yang lulus sertifikasi th 2012 dan NRG nya keluar th 2013, sesuai dengan SK Dirjen Pendais no 1406 th 2013 tentang penetapan guru profesional dalam binaan Direktorat Pendidikan Agama Islam, yang berhak dicairkan ada 2 katagori : guru non NIP yang mengajar di Yayasan dan guru PNS yang mengajar di sekolah negeri.

Kepala Kantor Kemenag Lumajang ( Nurmaluddin, SE MPdI) dalam pengarahannya menjelaskan bahwa proses pencairan dana Tunjangan Sertifikasi guru mengacu pada regulasi yang ada khususnya peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 164 Tahun 2010 dan KMK No 73 Tahun 2011 yang menyebutkan bahwa tunjangan profesi guru dapat diberikan terhitung mulai bulan Januari tahun berikutnya setelah yang bersangkutan mendapat Nomor Register Guru (NRG) dari Kementerian Pendidikan Nasional, untuk yang 11 Orang dari tenaga honorer yang mengajar di sekolah negeri tidak dapat dicairkan karena tidak memiliki SK daerah/ SK Bupati terkait dengan PP no 48 tahun 2005 pasal 8 yang berbunyi sejak ditetapkan peraturan pemerintah ini, semua pejabat pembina kepegawaian dan pejabat lain di lingkungan instansi, dilarang mengangkat tenaga honorer atau yang sejenis.

pada kesempatan ini Kepala Kemenag juga memberikan kesempatan tanya jawab kepada peserta dan semua pertanyaan bisa terjawab , acara selanjutnya penjelasan tentang pemberkasan pencairan tunjangan setifikasi dan pembukaanrekening oleh Udin Mustofa Kamal pelaksana Seksi PAIS Kantor Kemenag Lumajang. ( ziza/humas)